Prinsi-prinsip pembelajaran meliputi:
(1) peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu,
(2) peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar,
(3) proses pembelajaraan menggunakan pendekatan ilmiah,
(4) pembelajaran berbasis kompetensi,
(5) pembelajaran terpadu,
(6) pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi,
(7) pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif,
(8) peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills,
(9)pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat,
(10) pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberiketeladanan (ingngarso sung tulodo), membangun kemauan (ingmadyomangunkarso), dan mengembangkan kreativitas pesertadidik dalam proses pembelajaran (tut wurihandayani),
(11) pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat,
(12) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran,
(13) pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik, dan
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.
Tujuan penggunaan model pembelajaran sebagai strategi bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan dapat membantu peserta didik mengembangkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen (Joice& Wells).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar