Pembelajaran
Kooperatif ( Cooperative Learning )
Model
pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan
adanya kelompok – kelompok. Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai
tingkat kemampuan yang berbeda – beda (tinggi, sedang dan rendah) dan jika
memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta
memperhatikan kesetaraan gender. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan
kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan
keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan
model pembelajaran kooperatif adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan
siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan
keterampilan sosial. Pembelajaran kooperatif memiliki unsur – unsur.
Unsur-Unsur
Pembelajaran Kooperatif tersebut adalah :
1. Saling
Ketergantungan Positif
Saling
ketergantungan positif menuntut adanya interaksi promotif yang memungkinkan
sesama siswa saling memberikan motivasi untuk meraih hasil belajar yang
optimal. Tiap siswa tergantung pada anggota lainnya karena tiap siswa
mendapat materi yang berbeda atau tugas yang berbeda, oleh karena itu siswa
satu dengan lainnya saling membutuhkan karena jika ada siswa yang tidak dapat
mengerjakan tugas tersebut maka tugas kelompoknya tidak dapat diselesaikan.
2. Tanggung
Jawab Perseorangan
Pembelajaran
kooperatif juga ditujukan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran secara individual. Hasil penilaian individual tersebut selanjutnya
disampaikan guru kepada kelompok agar semua kelompok dapat mengetahui
siapa anggota kelompok yang memerlukan bantuan dan siapa anggota kelompok yang
dapat memberikan bantuan. Karena tiap siswa mendapat tugas yang berbeda
secara otomatis siswa tersebut harus mempunyai tanggung jawab untuk mengerjakan
tugas tersebut karena tugas setiap anggota kelompok mempunyai tugas yang
berbeda sesuai dengan kemampuannya yang dimiliki setiap individu.
3. Interaksi
Tatap Muka
Interaksi
tatap muka menuntut para siswa dalam kelompok dapat saling bertatap muka
sehingga mereka dapat melalukan dialog, tidak hanya dengan guru, tetapi juga
dengan sesama siswa. Interaksi semacam ini memungkinkan siswa dapat saling
menjadi sumber belajar sehingga sumber belajar lebih bervariasi dan ini juga
akan lebih memudahkan siswa dalam belajar.
4. Komunikasi
antar Anggota Kelompok
Dalam
pembelajaran kooperatif keterampilan sosial seperti tenggang rasa, sikap sopan
terhadap teman, mengkritik ide dan bukan mengkritik teman, berani mempertahan
pikiran logis, tidak mendominasi orang lain, mandiri dan berbagai sifat lain
yang bermanfaat dalam menjalin hubungan antar pribadi sengaja diajarkan
dalam pembelajaran kooperatif ini. Unsur ini juga menghendaki agar para
siswa dibekali dengan berbagai keterampilan berkomunikasi. Sebelum menugaskan
siswa dalam kelompok, guru perlu mengajarkan cara – cara berkomunikasi,
karena tidak semua siswa mempuanyai keahlian mendengarkan dan berbicara.
5. Evaluasi
Proses Kelompok
Pengajar
perlu menjadwalkan waktu khusus bagi kelompok untuk mengevaluasi proses kerja
kelompok dan hasil kerja sama mereka agar selanjutnya bisa bekerja sama dengan
lebih efektif.
Sintaks
dari pembelajaran kooperatif adalah :
1
|
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memberi motivasi
siswa agar dapat belajar dengan aktif dan kreatif
|
2
|
Menyajikan
informasi
|
Guru
menyajikan informasi kepada siswa dengan cara demonstrasikan atau lewat bahan
bacaan
|
3
|
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok
|
Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
|
4
|
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
Guru
membimbing kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas-tugas
|
5
|
Evaluasi
|
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dan juga terhadap
presentasi hasil kerja masing-masing kelompok
|
6
|
Memberi
penghargaan
|
Guru
mencari cara – cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar
individu maupun kelompok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar