Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok ( Group
Investigation )
Pembelajaran
kooperatif tipe GI (Group Investigation) didasari oleh gagasan John Dewey
tentang pendidikan yang menyimpulkan bahwa kelas merupakan cermin
masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan
di dunia nyata yang bertujuan mengkaji masalah – masalah sosial dan antar
pribadi. Pada dasarnya model ini dirancang untuk membimbing para siswa
mendefinisikan masalah, mengeksplorasi berbagai hal mengenai masalah
itu, mengumpulkan data yang relevan, mengembangkan dan menguji hipotesis. Tahapan
– tahapan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif GI adalah sebagai berikut:
a. Tahap Pengelompokan (Grouping)
Yaitu tahap mengidentifikasi topik yang akan
diinvestigasi serta mebentuk kelompok investigasi, dengan anggota tiap kelompok
4 sampai 5 orang. Pada tahap ini, yang pertama siswa mengamati sumber,
memilih topik, dan menentukan kategori – kategori topik
permasalahan kemudian siswa bergabung pada kelompok - kelompok
belajar berdasarkan topik yang mereka pilih atau menarik untuk diselidiki.
b. Tahap Perencanaan (Planning)
Tahap Planning atau
tahap perencanaan tugas – tugas pembelajaran.
c. Tahap Penyelidikan (Investigation)
Tahap Investigation,
yaitu tahap pelaksanaan proyek investigasi siswa. Pada tahap ini, siswa
melakukan kegiatan sebagai berikut : pertama siswa mengumpulkan
informasi, menganalisis data dan membuat simpulkan terkait dengan permasalahan
– permasalahan yang diselidiki, kemudian masing – masing anggota
kelompok memberikan masukan pada setiap kegiatan kelompok, lalu siswa
saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi dan mempersatukan ide dan
pendapat.
d. Tahap Pengorganisasian
(Organizing)
Yaitu tahap persiapan laporan
akhir. Pada tahap ini kegiatan siswa sebagai berikut :
pertama anggota kelompok menentukan pesan – pesan penting dalam proteknya
masing – masing, kemudian anggota kelompok merencanakan apa yang
akan mereka laporkan dan bagaimana mempresentasikannya, lalu wakil dari
masing – masing kelompok membentuk panitia diskusi kelas dalam presentasi
investigasi.
e. Tahap Presentasi (Presenting)
Tahap presenting yaitu
tahap penyajian laporan akhir. Kegiatan pembelajaran di kelas pada tahap ini adalah
sebagai berikut : pertama, penyajian kelompok pada keseluruhan kelas
dalam berbagai variasi bentuk penyajian, kelompok yang tidak sebagai
penyaji terlibat secara aktif sebagai pendengar, kemudian pendengar
mengevaluasi, mengklarifikasi dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap
topik yang disajikan.
f. Tahap Evaluasi (Evaluating)
Pada tahap evaluating atau
penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar